4.a Menampilkan kata_kata

Sebagai lanjutan dari tulisan tentang membuat Kamus Digital untuk di pasang di HP android, berikut adalah class untuk menampilkan kata-kata ke layar HP, dengan demikian maka saya menamakan-nya TampilanKata.java.
class lain yang di butuhkan untuk membangun aplikasi ini adalah KamusDigital.java, KamusDatabase.java, PenghubungData.java

Berikut adalah isi dari class TampilanKata.java
/*
 * Copyright (C)Vik Sintus Projects
 *
 * di larang pakai kode ini untuk kepentingan komersial tanpa ijin
 * vik.sintus@gmail.com.
 * http://belajar-android-indonesia.blogspot.com
 *
 * Unless required by applicable law or agreed to in writing, this software
 * is distributed on an "AS IS" BASIS,
 * WITHOUT WARRANTIES OR CONDITIONS OF ANY KIND, either express or implied.
 * 
 */

package com.vik_sintus.projects.kamusDigital;

import android.app.Activity;
import android.app.ActionBar;
import android.app.SearchManager;
import android.content.Context;
import android.content.Intent;
import android.database.Cursor;
import android.net.Uri;
import android.os.Bundle;
import android.view.Menu;
import android.view.MenuInflater;
import android.view.MenuItem;
import android.widget.SearchView;
import android.widget.TextView;

/**
 * class ini utk menampilkan kata-kata dan artinya.
 */
public class TampilanKata extends Activity {

    @Override
    protected void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.kata);

        ActionBar tempatTampilKata = getActionBar();
        tempatTampilKata.setDisplayHomeAsUpEnabled(true);

        Uri uri = getIntent().getData();
        Cursor cursor = managedQuery(uri, null, null, null, null);

        if (cursor == null) {
            finish();
        } else {
            cursor.moveToFirst();

            TextView kataKata = (TextView) findViewById(R.id.kolomKata);
            TextView artinya = (TextView) findViewById(R.id.kolomArtinya);

            int indexKata = cursor.getColumnIndexOrThrow(KamusDatabase.KATA);
            int indexArtinya = cursor.getColumnIndexOrThrow(KamusDatabase.ARTI_NYA);

            kataKata.setText(cursor.getString(indexKata));
            artinya.setText(cursor.getString(indexArtinya));
        }
    }

    @Override
    public boolean onCreateOptionsMenu(Menu menu) {
        MenuInflater inflater = getMenuInflater();
        inflater.inflate(R.menu.untuk_menu, menu);

        SearchManager aturPencarian = (SearchManager) getSystemService(Context.SEARCH_SERVICE);
        SearchView tampilanPencarian = (SearchView) menu.findItem(R.id.cari).getActionView();
        tampilanPencarian.setSearchableInfo(aturPencarian.getSearchableInfo(getComponentName()));
        tampilanPencarian.setIconifiedByDefault(false);
        
        return true;
    }

    @Override
    public boolean onOptionsItemSelected(MenuItem item) {
        switch (item.getItemId()) {
            case R.id.cari:
                onSearchRequested();
                return true;
            case android.R.id.home:
                Intent intent = new Intent(this, KamusDigital.class);
                intent.addFlags(Intent.FLAG_ACTIVITY_CLEAR_TOP);
                startActivity(intent);
                return true;
            default:
                return false;
        }
    }
}
Selain ke 4 class di atas masih ada beberapa file untuk UI(user interface) dan file xml lain-nya klik disini

35 comments:

  1. Lama banget harus nunggu minggu depan.. Udah gak sabar nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba lihat di http://belajar-android-indonesia.blogspot.com.au/2012/10/user-interface-untuk-kamus-digital.html

      Delete
  2. maaf gan mau tanya, tapu setelah ane copy kode dari "TampilanKata.java" dan ane paste di tempat yang sama, dan kenapa file "R.java" yang ada di gen itu malah hilang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba clean projectnya dan yang paling penting... semua file xml harus di pasang semuanya karena R.java men-generate isi dari file xml tsb

      Delete
    2. maksud'a "clean" gimana gan??? di delete tau gimana...

      maaf ane newbe

      Delete
    3. klik pada project terus ke manu bagian atas 'Project' 'Clean'

      Delete
    4. tetep ja tu gan ndak da perubahan.....
      mang sebetul'a "clean" itu untuk apa ya ga...

      Delete
    5. clean itu tool milik eclipse yang bisa mendeteksi sedikit kesalahan dalam build process, dia bisa memperbaiki sendiri kekurangan2 kecil dalam project.
      Coba screen print errornya, biar saya bisa lihat kira2 apa penyebabnya... atau coba lihat di LogCat, biasanya disana ada isyarat salahnya di mana dan disebabkan oleh apa dll

      Delete
    6. ini gan
      https://fbcdn-sphotos-c-a.akamaihd.net/hphotos-ak-frc1/425236_590916010929284_1503701831_n.jpg

      Delete
    7. @Arsel... apakah folder xml sudah terisi dengan file bernama data_untuk_pencarian.xml yang tersirat di AndroidManifest.xml

      Delete
    8. sudah ada gan, tetapi sepertinya yang banyak salah tu karena file "R.java"nya tidak ada....
      N bagaimana caranya ngembaliin file tersebut....

      Delete
    9. itu R.java di generate secara otomatis oleh IDE misalnya eclipse dll... hanya bisa di generate kalau semua data khususnya file xml sudah lengkap dan benar
      TETAPI.....
      masalah R.java ini tidak saja menyangkut project itu sendiri tapi juga ada sangkut pautnya dengan IDE seperti eclipse atau netbeans dll,
      Projectnya sudah hampir jadi hanya saja kita masih mencari dimana kekurangan-nya sehingga R.java tak tergenerate....
      kirimkan saya alamat email, sehingga saya bisa kirim paket RAR dari aplikasi yang saya sudah test dan bekerja dengan baik. Tinggal di import ke project, di pelajari dan di kembangkan sesuai bahasa yang di kuasai

      Delete
    10. terima kasih gan atas penjelasan'a...
      N ini email saya..
      4rs3lsnaiker@gmail.com

      Delete
    11. silahkan import ke project-nya dan kalau perlu harus ubah nama paketnya dengan nama paket sendiri, kalau mau aplikasinya di pasang di market

      Delete
    12. mas, kalau memang ternyata karna faktor IDE nya. Jadi bingung saya mas solusinya. sy pakai Eclipse Juno. Kalau tidak memberatkan, boleh dikirimkan juga ke email sy mas?

      Delete
    13. mas Vik Sintus, permasalahan saya sama dengan yang di atas, mohon bantuannya mas.
      ini email saya shinta.afebrina@gmail.com
      terimakasih sebelumnya mas.

      Delete
  3. Assalamu Alaikum ... saya juga mengalami hal yang sama dengan Arsel....
    kalau tidak keberatan saya juga ingin paket RARx mas....
    kirim saja ke andyandra7@gmail.com
    sangat membutuhkan mas!!!!

    ReplyDelete
  4. sorry mas Andy file RAR-nya di komputer rumah dan saya belum bisa sampai di rumah sekitar duaminggu lagi

    ReplyDelete
  5. saya juga sama terjadi kesalahan di R.java
    boleh saya minta paket RAR nya mas ??

    the.exact.boy@gmail.com

    terimakasih mas, semoga kebaikannya dibalas oleh Allah SWT.

    ReplyDelete
  6. saya sama jg gan kasus R.java
    boleh minta R.java nya mas?
    kirim ke rifque@gmail.com y mz kalo boleh.,
    terima kasih masgan.,sukses

    ReplyDelete
  7. maaf mas, bisa tolong dikirim project nya via email -->mydimention30@gmail.com
    terimakasih banyak sebelumnya :-)

    ReplyDelete
  8. mas bingung masalah R. java minta tolong di kirimin projectnya via email ya mas ----->>>mriezafirdaus@gmail.com. makasih bnyak mas

    ReplyDelete
  9. thx mas, saya lagi bikin Tugas Akhir saya berupa kamus ya kurang lebih kyk punya mas, tapi ada kendalanya di database nya, di file .txt nya saya edit saya input kata2 baru tapi gak ada pas di aplikasi dijalankan. saya hapus semua isi file .txt nya eh di aplikasi masih ada daftar kata2nya pas di pencarian, itu gimana ya mas? thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. hapus aplikasi lama dari emulator,
      lihat di settings, application... pilih aplikasi yang mau di hapus... uninstall.

      Jalankan lagi aplikasinya di emulator

      Delete
  10. mas mohon bantuannya punyaku kok waktu pencarian bisa tpi ketika dipilih gak muncul di listviewnya..
    terima kasih

    ReplyDelete
  11. mas problem saya sama dengan diatas.. masalah R.java juga.. kalo boleh kirimin saya jg file RAR nya mas.. email saya sorfian.tkj@gmail.com

    ReplyDelete
  12. misi gan, numpang tanya. saya dapat error di (R.id.cari) "cari cannot be resolved or is not a field
    padahal sudah disamakan seperti pada kolom 68...
    mohon bantuannya, karena untuk saat ini tinggal itu yang error...
    asf4rramdh4n@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas vik sintus bisa minta paket RAR dari aplikasi yang sudah jadi? soale dicoba eror terus..
      ini email saya mas jauharitiump@gmail.com
      terimakasih banyak sebelumnya..

      Delete
    2. eror nya di R.java mas, sama seperti yang lain..

      Delete
  13. error:content is not allowed in prolog xml
    itu kenapa mas?

    ReplyDelete
  14. mas boleh minta paket RAR nya? error terus soalnya mas
    udah dicoba masih error juga
    ini email saya nadiyatls@gmail.com
    terimakasih banyak

    ReplyDelete
  15. assalamualaiikum kak vik saya berterima kasih dengan ilmu yang kakak share dan sudah saya coba kak.. tetapi koq tdk bisa dijalankan. Apakah saya boleh minta programnya?? karena ini untuk skripsi saya kak.. saya minta tolong yah kak kirim ke email aadistyana@yahoo.com atau ke andiadisty@gmail.com
    Tolong yah kak bantuannya...

    ReplyDelete
  16. Permisi Kak Vik. Saya kebetulan tertarik dan ingin belajar membuat kamus android dan kebetulan juga error saya itu sama masalah pada R.java.
    Jika berkenan boleh kah saya meminta Paket Rar nya?
    Aruestabecker@gmail.com
    Terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete